Perawatan Anakan Kenari Setelah Menetas

Telor- telor kenari akan menetas setelah dierami oleh induknya selama 14 hari terhitung sejak telor pertama. Setiap hari, anda akan melihat induk betina keluar dan masuk ke sarang setiap 1 jam sekali untuk mencari makanan dan meloloh anakan kenari. Terkadang, induk jantan juga membantu memberikan pakan yang diperolehnya dengan melolohkan ke kenari betina, agar indukan betina tidak selalu keluar dari sarangnya.


Yang perlu anda lakukan adalah menyediakan pakan yang dibutuhkan oleh indukan setiap harinya. Sebaiknya pakan yang diberikan berupa pakan yang baru untuk setiap harinya.

Beberapa jenis pakan yang harus ada selama perawatan anakan kenari setelah menetas, adalah:

1. Kuning telor.
Kuning telor matang ini harus tersedia setiap harinya. Untuk takaran yang tepat, sebaiknya menggunakan telor puyuh saja karena ukuran kuning telornya yang kecil  agar tidak berlebihan atau tersisa.

2. Kecambah.
Kecambah sangat baik untuk diberikan kepada anakan kenari, gizi yang terkandung di dalamnya akan membuat anakan dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Kecambah yang dimaksud disini adalah terbuat dari biji-bijian yang dimakan oleh kenari, seperti: canary seed, biji sawi, miled putih.


Pemberian pakan berupa kuning telor puyuh dan kecambah untuk perawatan anakan kenari setelah menetas, diberikan secara bersamaan. Usahakan untuk setiap harinya habis, jika masih tersisa harus segera disingkirkan. Karena jangan sampai terjadi anakan kenari yang baru menetas memakan makanan yang basi.

ARTIKEL TERKAIT: