Advertisement



Monday, April 15, 2013

Penangkaran Burung Bisnis Menguntungkan

Penangkaran burung bisnis menguntungkan, benarkah?. Seseorang memiliki usaha penangkaran burung menginginkan agar memperoleh keuntungan yang besar dari hasil produksi anakan- anakan berkwalitas. Tak tanggung- tanggung, diantara mereka bahkan rela mengeluarkan dana besar untuk membeli peralatan dan membuat kandang yang banyak, membeli indukan- indukan yang sudah siap berproduksi.

Selain mengeluarkan biaya awal yang besar, untuk perawatan harian indukan- indukan juga membutuhkan biaya tidak sedikit. Biaya- biaya perawatan akan terus dikeluarkan setiap harinya, setidaknya sampai pada saat menjual hasil produksi untuk mengembalikan biaya awal yang telah dikeluarkan. Dan ternyata tidak seindah yang dibayangkan bahwa akan segera sukses dalam menjalankan bisnis penangkaran burung ini.

Beberapa penangkar burung yang berpengalaman akan mengatakan, " Dibutuhkan suatu kesabaran dan waktu yang panjang untuk dapat merasakan keuntungan ". Seperti halnya usaha yang lain, seorang penangkar burung  juga harus memahami atau memiliki pengetahuan tentang manajemen. Mengatur penggunaan dana yang dihasilkan dari proses produksi agar bisnis penangkarannya dapat berjalan dengan baik.

Penangkaran burung dapat dikatakan sebagai bisnis yang menguntungkan jika memiliki perencanaan yang matang, antara lain:

1. Manajemen Produk, artinya berapa banyak kebutuhan indukan agar dapat memperoleh hasil yang maksimal.
2. Manajemen Pakan, artinya bahwa pengaturan pola makan, takaran pakan yang tepat, agar tidak terlalu banyak pakan yang terbuang.
3. Manajemen Pasca Produksi, dari sekian banyak anakan yang dihasilkan jika dijual setidaknya untuk sementara dapat menutupi biaya produksi yang telah dikeluarkan.

Jika poin- poin diatas tidak terpenuhi sebagian atau semuanya, maka dapat dipastikan bila penangkaran burung yang dikelola telah mengalami kerugian.

Setiap penangkar burung memiliki tujuan berbeda. Beberapa penangkar dalam menjalankan bisnisnya memang murni untuk mencari keuntungan, namun ada pula yang hanya dijadikan sebagai hobby dan kesenangan. Mencari keuntungan adalah tujuan utama jika ternyata oleh penangkar dijadikan sebagai suatu pekerjaan. Namun, akan berbeda jika penangkaran burung hanya dijadikan sebagi kesenangan, kecenderungan untuk menghasilkan anakan yang banyak menjadi terabaikan.

Baca juga :
Faktor X penyebab kegagalan penangkaran