Referensi Penangkaran Dan Perawatan Burung Berkicau

Cara Mudah Mengetahui Pasangan Lovebird Telah Berjodoh

Keberhasilan awal dalam mengembangbiakkan lovebird adalah memastikan pasangan- pasangan burung tersebut benar- benar telah berjodoh. Bagi pemula, untuk mengetahui ciri atau tanda lovebird berjodoh, tentunya akan mengalami banyak kesulitan. Beberapa pemula membeli beberapa pasangan jadi dan telah siap berproduksi tanpa pusing memikirkan cara untuk menjodohkan. Sebuah cara yang paling mudah, yang hanya dapat dilakukan jika memiliki modal yang besar. Namun, bagi anda yang memiliki modal terbatas, disarankan untuk membeli anakan saja dan kemudian dipelihara hingga dewasa.

Jangan terburu- buru untuk menggunakan kandang tunggal, jika anda belum secara yakin mengetahui ciri- ciri lovebird jantan dan betina. Penggunaan kandang koloni yang diisi dengan beberapa anakan lovebird, bisa menjadi solusi yang terbaik. Menggunakan kandang koloni akan lebih mempermudah dalam perawatan hingga lovebird benar- benar siap untuk dijodohkan. Yang perlu dilakukan adalah mengamati perkembangan perilaku tiap- tiap individu lovebird.

Perjodohan dalam kandang koloni akan terjadi secara alami, lovebird jantan akan mendekati lovebird betina dengan menunjukkan dominasinya terhadap pejantan yang lain. Ketertarikan ini biasanya akan berlanjut, lovebird jantan akan memberikan makanan kepada lovebird betina ( jika diamati : akan terlihat lovebird jantan dan betina, seperti bercumbu ). Sesekali akan terlihat seperti ritual kawin, namun jika diperhatikan : lovebird jantan naik keatas tubuh lovebird betina, namun kemudian terjatuh ).

Bila telah melihat tanda- tanda seperti diatas, segera tempatkan beberapa gelodok didalam kandang. Secara naluriah lovebird- lovebird ini akan memilih gelodok yang disukainya sebagai tempat untuk bersarang. Untuk selanjudnya akan terlihat pasangan ini akan lebih sering berada di gelodok. Jika pada malam hari, pasangan yang akan berjodoh ini terlihat tidur bersama di dalam gelodok. Sedangkan pada siang hari, akan terlihat aktifitas membangun sarang, terutama lovebird betina. Calon indukan betina akan membawa bahan- bahan untuk membangun sarang ke dalam gelodok. Aktifitas membangun sarang akan berlangsung cukup lama, tergantung ukuran gelodok yang anda buat. Sesekali akan diselingi dengan latihan ritual kawin, hingga suatu saat tertentu akan terjadi ritual kawin yang sebenarnya. Dimana lovebird jantan akan naik keatas tubuh lovebird betina dan tidak jatuh lagi. Ritual kawin pasangan lovebird ini dapat berlangsung selama dua menit untuk 2 sampai 3 kali dalam sehari dan terjadi untuk beberapa hari kemudian.

Demikian cara mudah mengetahui pasangan lovebird telah berjodoh dengan melakukan pengamatan secara langsung di kandang. Semoga bermanfaat.....