Advertisement



Saturday, January 5, 2013

Burung Gelatik Putih

Keistimewaan burung gelatik putih ini adalah sangat cantik, sangat cocok sebagai burung hias di rumah untuk menghilangkan stress. Burung gelatik putih termasuk kategori langka dan sangat susah mencarinya dipasar burung. Menangkarkan gelatik tidaklah serumit memelihara burung berkicau lainnya. Burung gelatik putih adalah pemakan biji-bijian, anda dapat memberikan berbagai macam jenis biji-bijian seperti millet, gabah merah, canary seed, jewawut, dan jagung muda.

Baca juga yang ini: Burung Gelatik Silver

Bila ingin menangkarkan burung gelatik putih ini, maka yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, adalah:

Kandang
Idealnya, panjang kandang 60 cm, sedangkan lebar dan tingginya masing-masing 40cm. Adapun bahannya berupa kayu dan kawat kasa. Jangan lupa, di dalam kandang harus pula disiapkan tempat pakan, minum, dan glodok. isi glodok dengan rumput kering, yang nantinya akan digunakan sebagai sarang / tempat gelatik bertelur dan mengerami telurnya.

Membedakan jenis kelamin
Burung Gelatik putih jantan, biasanya berbadan lebih besar dan tegap. Matanya lebih terang serta pangkal paruhnya berwarna merah tua. Sementara betina, warna paruhnya merah muda. Tetapi ada cara mudah membedakan jenis kelaminnya. Gelatik putih jantan bisa berkicau dengan variasi lebih banyak. Akan halnya gelatik putih betina hanya bisa berbunyi tik..tik..tik.

Memilih indukan
Dalam memilih induk gelatik putih yang baik juga ada tekniknya sendiri. Pilihlah yang fisiknya besar. Ini berkaitan erat dengan kemampuan mengerami telur. Makin besar tubuh, makin banyak pula telur yang bisa dierami. Selain itu, betina yang besar mampu menghasilkan telur lebih banyak.

Baca yang ini juga : Burung Gelatik Jawa

Burung gelatik putih akan mulai kawin pada usia enam bulan dan akan bertelur setiap bulan. Setiap periode, telur yang dihasilkannya mencapai 5-9 butir. Sepasang gelatik putih akan mengerami telurnya bergantian selama dua minggu. Setelah itu telur akan menetas. Biarkan anak gelatik di bawah asuhan induknya sampai usia satu setengah bulan. Baru setelah masa itu lewat, pisahkan si anak dari induknya. Lantas letakkan anakan dalam sangkar pembesaran berukuran bebas. Dan jangan lupa memasang lampu sebagai penghangatnya sampai anak-anak gelatik benar-benar kuat. Dua tiga hari setelah anak dipisah, induk betina akan bertelur lagi. Begitu seterusnya.

Semoga bermanfaat......