Advertisement



Thursday, January 3, 2013

Berak Hijau Atau Colibacillosis

Estheria Coli adalah bakteri yang dapat menyerang semua jenis binatang. Sampai saat ini, kenyataan membuktikan bahwa penyakit ini harus diperhitungkan bila bergabung dengan penyakit lainnya. Studi pada Universitas Ghent di Belgia membuktikan bahwa E.Coli menyerang 12% dari merpati yang diamati.

Bakteri E.Coli bersifat lebih merusak dari apa yang dianggap (remeh) selama ini. Bakteri ini biasanya banyak terdapat pada saluran pencernaan yang sehat. Gejala akan timbul jika kuman yang ada mempunyai kesempatan untuk menyerang sirkulasi darah. Muntah-muntah, diare, minum berlebih, kurus dan pincang adalah gejala berak hijau atau colibacillosis.

Diketahui juga bahwa kerusakan usus pada kasus adeno virus atau hexamithiasis karena pengaruh dari bergabungnya bakteri E.Coli. penyebab lain dalah stress dan turunnya daya tahan tubuh merpati sehingga bakteri E.Coli dapat muncul sewaktu-waktu.

Pengobatan dan penanggulangannya

A. Lakukan pengobatan :
Theraprim dan Amoxicure terbukti efektif mengatasi E.Coli. setelah pengobatan dilakukan, gejala akan hilang dengan segera.

B. Lakukan penanggulangannya sebagai berikut:


  • Gunakan air minum yang bersih (masak) dan segar


  • Kebersihan kandang harus dijaga


  • Lantai kandang harus kering dan bersih atau diberikan alas pada lantai


  • Berikan probiotik secara rutin


  • Demikian artikel tentang pengobatan dan penanggulangan berak hijau atau colibacillosis yang menyerang pada burung peliharaan anda.

    Semoga bermanfaat......

    Baca juga yang ini :

  • Manajemen Pakan Pemeliharaan Burung