Waspadai Cacing Pengganggu Kesehatan Lovebird


Waspadai cacing pengganggu kesehatan lovebird, beraneka ragam jenis cacing-cacing yang dapat membahayakan kesehatan lovebird kesayangan. Cacing pengganggu ini menyerang lovebird dikarenakan kondisi lingkungan kandang yang tidak steril atau tidak sehat, dan kondisi kebersihan kandang yang terabaikan.

Adapun jenis cacing pengganggu  kesehatan lovebird yang sering terjadi , sebagai berikut :

1. Cacing tenggorokan.

Gejala yang dapat dilihat burung lovebird akan kelihatan batuk-batuk dan bersin. Lovebird akan menggoyang-goyangkan kepala berusaha mengeluarkan lendir yang ada di lubang hidungnya.

Penyebab utama penyakit ini dikarenakan lovebird kesayangan kita terkena serangan cacing tenggorokan yang mana mereka akan menyumbat saluran pernapasan sehingga membuat lovebird susah bernafas dan lama kelamaan jika dibiarkan akan dapat menyebabkan kematian.

2. Cacing rambut.

Gejala yang ditimbulkan oleh cacing rambut hampir tidak ada sehingga lebih sulit dideteksi. Burung lovebird kesayangan kita akan menderita diare. Selain sulit dideteksi, penyakit diare ini akan cepat menyebar ke seluruh isi kandang lainnya terutama kandang koloni dan jika tidak cepat diketahui akan menyebabkan kematian massal .

Penyebab utama dari penyakit ini bisa berasal dari pakan makanan, minuman, dan tanah kotor yang ada telur cacing. Cacing rambut hidup di bagian selaput mukosa usus dan menyerap sari makanan melalui darah burung lovebird.

3. Cacing gelang.

Gejalanya sama dengan cacing rambut, tidak bisa dideteksi secara khusus. Serangan cacing gelang membuat lovebird kurang darah (anemia) dan keracunan serta bisa menyumbat usus dikarenakan mereka suka hidup bergerombolan. Akibatnya tentu saja fatal bisa mengakibatkan kematian pada lovebird anda.

Penyebab utama tanah yang kotor dan terinfeksi cacing gelang. Kita harus mengerok bagian atas tanah sekitar kandang dan memberikan kapur pertanian atau menyiramnya dengan desinfektan. Salah satu contoh kita bisa menggunakan FreshAves.

4. Cacing pita.

Gejala umum kelihatan jelas dimana burung menjadi lesu, dan kurus karena tidak mau makan dan terkena sedikit diare. Burung lovebird juga akan kelihatan membuka paruhnya seperti kehausan terus menerus dan dapat menyebabkan bulu burung menjadi kasar.

Penyebab penyakit ini cacing pita dimana ukuran cacing bervariasi. Davainea proglottina antara 0,5 mm—3 mm sedangkan Raillietina tetragona dan R. echinobothrida memiliki panjang 25 c.

Dengan mengetahui jenis cacing dan gejala yang ditimbulkan, maka waspadai cacing pengganggu kesehatan lovebird, agar kita dapat mengantisipasinya dengan melakukan pencegahan dan pengobatan secara tepat jika lovebird kesayangan sudah terlanjur terserang salah satu jenis cacing ini. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT: