Advertisement

Thursday, December 27, 2012

Burung Kenari Digigit Nyamuk

Burung kenari digigit nyamuk?. Suatu ketika melihat burung kenari milik tetangga, salah satu kakinya diangkat- angkat. Setelah dilihat lebih dekat dan cermat ternyata pada jari- jari burung kenari terdapat benjolan- benjolan berwarna merah. Suatu anggapan yang keliru, jika ini ternyata hanya dianggap sebagai bekas gigitan nyamuk.



Benjolan berwarna merah yang terdapat pada jari- jari burung kenari adalah sebuah kejadian infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan bukan karena gigitan oleh nyamuk. Bisa jadi hal ini karena kondisi sangkar yang lembab, sehingga menjadi tempat berkembangnya bibit- bibit penyakit.


Untuk mengatasi atau mengobati infeksi ini dapat digunakan salep chloramfecort H yang mengandung bahan anti bakteria dan anti imflamasi. Caranya yaitu dengan mengoleskan salep pada bagian yang terkena infeksi, dan dilakukan selama  lima hari berturut- turut. Mengganti tenggeran yang lama dengan tenggeran yang baru dan menjemur burung kenari setiap pagi hari selama 30 sampai 60 menit agar sangkar menjadi kering.

Jadi, benjolan berwarna merah, bukan karena burung kenari digigit nyamuk. Tetapi karena adanya infeksi pada jari-jari kaki burung kenari.